Selasa, 09 Maret 2010

PETERNAKAN AYAM BURAS REZEKI BELANG - BELANG

Rezeki Farm terletak di lingkungan Belang - Belang kelurahan Maccini Baji Kecamatan Lau Kabupaten Maros. Dari Kota Makassar menuju lokasi Peternakan Ayam Buras menempuh waktu sekitar 1 jam dengan jarak 30 km. Rezeki Farm didirikan pada tanggal 10 oktober 2009. Lingkungan Belang-Belang merupakan bagian administrasi dari kelurahan maccini baji kecamatan lau, sektor pertanian khususnya padi masih menyumbang besar dalam peekonomian rakyat. Luas Kecamatan lau 53,73 km2 (BPS, 2007), sumber protein utama berasal dari protein hewani. jumlah populasi unggas di kecamatan lau menurut data statistik yaitu ayam buras sebesar 10.522, ayam ras 42.633, itik sebesar 2. 159. Data tersebut menunjukkan bahwa populasi ayam buras masih lebih rendah dibanding ayam ras.

MANAJEMEN REZEKI FARM

Anggota Rezeki farm saat ini berjumlah 16 Orang. Rezeki farm adalah usaha peternakan ayam buras yang melibatkan kelompok tani ternak sebagai mitra usaha. saat ini total jumlah anggota yang tergabung dalam rezeki farm yaitu 25 orang


BIBIT TERNAK
Ketersediaan Bibit berkualitas tentu menjadi harapan para peternak,olehnya itu saat ini Rezeki farm mengelola kandang breeding sebagai upaya pemenuhan akan bibit. Induk yang berkualitas diperoleh melalui proses selektif sehingga bibit yang diperoleh juga berkualitas.Pada awalnya ketergantungan bibit sangat tinggi dimana diperoleh dari pulau jawa. Saat ini Rezeki Farm memiliki 2 buah unit mesin tetas dengan kapasitas 800 biji.

PAKAN TERNAK
Secara umum lahan di lingkungan Belang - Belang sangat luas dan merupakan lahan pertanian dengan Padi sebagai komoditi utama,olehnya itu pakan diperoleh dari hasil pengolahan padi hal ini tentu sangat membantu peternak untuk memenuhi ketersediaan pakan.

PEMELIHARAAN AYAM
Pemeliharaan ayam buras milik rezeki farm dikelola secara intensif dengan kandang sistem litter,dengan pemeliharaan tersebut diharapkan dapat memudahkan pengontrolan dan dapat memperbaiki performance dari ayam yang dipelihara. keuntungan lain yang diperoleh dari sistem ini yaitu memudahkan dalam pengontrolan penyakit.

PENCEGAHAN PENYAKIT
Pencegahan Penyakit merupakan upaya yang dilakukan secara kontinyu,vaksinasi dilakukan secara rutin mulai dari umur ayam 5 hari, selain itu kebersihan kandang juga diperhatikan dengan melakukan sanitasi/penyemprotan kandang secara rutin. Ayam yang terkena penyakit langsung di pindahkankan ke kandang isolasi. Kegiatan tersebut sangat efektif untuk mencegah beredarnya wabah penyakit yang sangat rentan menyerang unggas.

PEMASARAN HASIL TERNAK
Hasil Ternak berupa daging di perjual belikan baik dalambentuk partai maupun eceran,saat Rezeki farm bekerja sama dengan beberapa bandar suplayer beberapa rumah makan di makassar.

3 komentar:

  1. Bisnis berbasis peternakan ( layer dan broiler ) memang menjanjikan Pak, saya juga pernah mencoba wirausaha di bidang tsb ( pakan ) di Soppeng tapi gagal karena tidak menggunakan Soybean Meal dan kurang modal,pengen sih coba bisnis di SULSEL lg tp bidang pembuatan Egg tray siapa tau Bpk tertarik saya bisa bantu karena sayang sekali pak proposal saya ke anggota DPRD blm ditindaklanjuti,utk jelasnya datang aja ke langitbiru1983.blogspot

    BalasHapus
  2. ahli pembuatan mesin egg tray

    melayani:borong kerja pembuatan mesin cetak egg tray,pembuatan matras/mould egg tray dari aluminium,revisi screen/kasa ulang matras.
    mohon hub:081654915158
    arif suseno,tulungagung,jawatimur

    BalasHapus